Sudah Coba 7 Fitur WhatsApp Paling Berguna ini?

Fitur WhatsApp. Dengan memiliki lebih dari 1,5 miliar lebih pengguna di lebih dari 180 negara, WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak penggunanya di dunia.

Di negara Indonesia sendiri, total pengguna WhatsApp sudah lebih dari 50 juta orang dan akan terus bertambah setiap harinya.

Saya, termasuk Anda juga merupakan pengguna WhatsApp, namun sudahkah Anda mengetahui dan memanfaatkan semua fitur yang ada pada WhatsApp?

Jika belum, silahkan Anda simak beberapa fitur berguna yang dimiliki oleh WhatsApp berikut ini:

7 Fitur WhatsApp Paling Berguna

1. Menghilangkan centang biru

Untuk memastikan pesan telah sampai dan dibaca oleh penerima, WhatsApp memberikan fitur berupa centang dua dan berwarna biru. Namun, jika Anda membutuhkan privasi dan tidak ingin orang lain mengetahui bahwa pesannya telah Anda baca. Anda bisa menonaktifkan fitur ini.

Caranya sangat mudah, silahkan Anda masuk ke Setelan > Akun > Privasi > nonaktifkan Laporan dibaca.

menghilangkan centang biru whatsapp

Sayangnya, fitur WhatsApp ini sangatlah adil. Jika pesan Anda tidak bisa diketahui sudah dibaca atau belum oleh penerima, maka Anda pun tidak bisa mengetahui apakah pesan yang Anda kirimkan ke orang lain sudah dibaca atau belum. Adil bukan?

2. Sembunyikan waktu terakhir dilihat

Selain menghilangkan laporan dibaca sebagaimana poin 1 diatas, fitur privasi lainnya untuk melengkapi fitur diatas adalah menyembunyikan waktu terakhir dilihat.

Jika orang lain tidak bisa mengetahui bahwa pesannya telah dibaca atau belum, itu masih belum cukup jika orang tersebut masih bisa melihat bahwa Anda sudah membuka WhatsApp saat orang tersebut mengirim pesannya.

Jangan bikin orang lain curiga dan berburuk sangka pada Anda, lengkapi fitur nonaktifkan laporan dibaca dengan menyembunyikan waktu terakhir dilihat Anda.

Silahkan masuk ke Setelan > Akun > Privasi > Terakhir dilihat > Pilih Tidak ada.

3. Hanya orang tertentu yang bisa melihat status Anda

Kadang ada orang-orang yang mungkin Anda tidak inginkan melihat status WhatsApp yang telah Anda buat, entah apapun alasan Anda.

Nah, WhatsApp memiliki fitur yang mendukung hal tersebut. Ada 3 pilihan orang yang bisa melihat status Anda, yaitu:

  • Kontak saya
  • Kontak saya kecuali…
  • Hanya bagikan dengan…

Anda bisa mengecualikan orang-orang yang tidak Anda inginkan melihat status Anda dengan memilih poin 2. Atau Anda hanya ingin seseorang saja yang bisa melihat dan membaca status Anda, silahkan pilih poin 3.

4. Tandai pesan yang penting

Sebagian besar pengguna WhatsApp mungkin tidak asing lagi dengan berjubel banyaknya grup yang ada di WhatsApp mereka, termasuk Anda.

Dari mulai grup kerjaan, grup alumni SD, SMP, SMA, kuliah, sampai dengan grup keluarga, belum lagi grup komunitas atau grup pembelajaran.

Dengan banyaknya grup dan intensitas obrolan di grup yang tinggi, kadang Anda melewatkan pesan yang penting namun telah tenggelam oleh serbuan chat-chat berikutnya. Sehingga Anda harus ‘manjat’ lagi ke atas untuk mendapatkan pesan yang penting tersebut.

Nah, untuk menyiasati hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan sebuah fitur dari WhatsApp yang sangat berguna yaitu fitur tandai pesan.

Caranya, Anda bisa tekan lama pada pesan yang ingin Anda tandai, kemudian nanti akan muncul beberapa pilihan diatas, pilih ikon bintang. Tanda pesan Anda telah berhasil ditandai yaitu adanya tanda bintang pada pesan tersebut.

Untuk membuka pesan berbintang tersebut, Anda bisa tekan bar hijau yang berisi nama kontak WhatsApp kemudian pilih Pesan berbintang.

Atau bisa juga dengan cara masuk ke menu WhatsApp (gambar titik tiga di pojok kanan atas) kemudian pilih pesan berbintang atau starred messages.

5. Kontak atau grup favorit selalu berada di atas

Jika ada kontak atau grup yang Anda prioritaskan, maka Anda bisa meletakannya pada bagian atas chat WhatsApp Anda.

Silahkan Anda tekan lama pada kontak atau grup yang akan Anda letakkan diatas percakapan lainnya. Kemudian pilih ikon pin yang muncul pada bar atas WhatsApp Anda.

Maka kontak atau grup yang Anda pilih tersebut akan menetap di bagian atas chat. Fitur ini hanya memungkinkan Anda menyematkan maksimal 3 kontak atau grup di bagian atas percakapan WhatsApp.

6. Buka WhatsApp di komputer maupun laptop Anda

Ada 2 cara untuk membuka WhatsApp di komputer Anda, yaitu:

  1. Memasang aplikasi WhatsApp
  2. Membuka via web browser (WhatsApp Web)

Untuk memasang aplikasi WhatsApp, Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu baru kemudian menginstallnya di komputer atau laptop Anda.

fitur whatsapp

Syaratnya komputer atau laptop Anda harus memiliki sistem operasi Windows 8 (atau yang lebih baru) atau Mac OSX 10.9 (atau yang lebih baru).

Jika ingin mudahnya, Anda bisa memilih opsi kedua yaitu menggunakan WhatsApp Web yang tidak membutuhkan persyaratan sistem operasi minimal, karena bisa membukanya hanya dengan menggunakan browser saja.

Anda bisa melihat panduannya di artikel cara menggunakan WA Web.

7. Gunakan notifikasi khusus untuk kontak atau grup tertentu

Ada suara notifikasi pesan masuk dari smartphone Anda, namun ternyata bukan dari seseorang yang Anda inginkan dan tunggu-tunggu, kesal bukan?

Jika Anda tidak ingin hal tersebut terjadi lagi dengan diri Anda, maka segera gunakan fitur WhatsApp yang satu ini, yaitu notifikasi khusus.

Untuk mengaturnya, Anda bisa masuk ke kontak atau grup yang Anda inginkan, kemudian tekan bagian nama kontak untuk masuk ke pilihan Notifikasi khusus > Silahkan tekan untuk mengaktifkan fitur Notifikasi khusus.

Kemudian untuk merubah suara notifikasinya, silahkan pilih Nada notifikasi dan pilih nada yang Anda inginkan. Pastikan nadanya berbeda dengan suara notifikasi lainnya ya, biar tidak tertipu lagi.

Demikianlah 7 fitur WhatsApp yang mungkin belum Anda ketahui dan sekarang bisa Anda manfaatkan untuk aktivitas obrolan Anda di WhatsApp.

Leave a Comment